Kamis, 24 Februari 2011

Entrepreneur Sukses Tanpa Gelar Akademis

Sebagian orang berpendapat, belajar bukan hanya di sekolah atau perguruan tinggi, tapi juga bisa langsung dari kehidupan. Gelar akademis bukan jaminan untuk karier yang baik. Sebaliknya, banyak entrepreneur yang menjadi miliarder dunia tidak mempunyai ijazah akademis. Berikut beberapa entrepreneur tanpa gelar akademis.

Mary Kay Ash
Pendiri Mary Kay Inc, memulai bisnis kosmetik. Kendati pun tidak kuliah atau kursus atau mengikuti pelatihan, ia sukses menciptakan merk yang terkenal di seluruh dunia. Saat ini, hampir sekitar setengah juta perempuan punya bisnis seperti Mary Kay Ash : “jual kosmetik”. Apa anda ingin jadi pelengkap satu jutanya?

Coco Chanel
Gabriel Coco Chanel yang yatim piatu dilatih sebagai seamstress (menjadi bagian bawah baju). Karena ingin berdiri sendiri, lalu ia meluncurkan ide fashion perempuan yang menggunakan kain dan model yang secara normal digunakan pria. Parfum dengan merk namanya sampai sekarang masih terkenal.

Henry Ford
Di umur 16, Henry Ford meninggalkan rumah untuk menjadi masinis. Ia kemudian mendirikan Ford Motor Company yang memproduksi mobil. Sukse Ford yang pertama, Model T, membuatnya membuka pabrik besar.

Walt Disney
Sesudah drop out dari sekolah menengah atas pada umur 16, karier dan prestasi Walt Disney luar biasa. Sebagai animator yang paling terkenal, Disney mencatatrekor peraih penghargaan dan nominasi terbanyak. Imajinasi Disney antara lain kartun dan theme parks.

Milton Hershey
Dengan pendidikan hanya sampai kelas 4, Milton Hershey mendirikan perusahaan coklat. Hershey’s Milk Chocolate menjadi cokelat pertama yang dipasarkan secara nasional di Amerika. Ia juga membangun komunitas istimewa untuk para pegawainya, dikenal sebagai Hershey’s Pennsylvania.

Michael Dell
Dengan uang 1.000 dolar, dedikasi dan hasrat, Michael Dell drop out dari universitas ketika berumur 19 tahun untuk memulai PC Limited. Sesudah itu dinamakan Dell Inc. Dell menjadi produsen PC yang paling menguntungkan di dunia.

Bill Gates
Termasuk salah satu orang terkaya di dunia tahun 1995-2006. Bill Gates drop out dari perguruan tinggi, ia memulai perusahaan software komputer terbesar, Microsoft Corporation.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar